Umar Muttaqin
Energy Saving Mode using CSS3

Move your mouse to go back to the page!
Gerakkan mouse anda dan silahkan nikmati kembali posting kami!

Original design by: Tejahtc.blogspot.com - Tejahtc.blogspot.com - Oktober 2010

PERISTIWA-PERISTIWA GEMPA BUMI DI INDONESIA




Indonesia adalah negara rawan gempa karena pertemuan lapisan/lempeng Asia & Australia. Penyebarannya adalah hampir seluruh wilayah Indonesia, seperti pulau Sumatra, Jawa, Sulawesi, Kalimantan & Papua. Terjadi gempa karena pergeseran lapisan-lapisan bawah bumi yang mengakibatkan salah satunya terangkat & mengakibatkan gempa. Pergeseran 1 cm saja dapat mengakibatkan gempa & tergantung juga kedalaman pusat gempa.
Kebanyakan gempa bumi disebabkan dari pelepasan energi yang dihasilkan oleh tekanan yang dilakukan oleh lempeng yang bergerak. Semakin lama tekanan itu kian membesar dan akhirnya mencapai pada keadaan di mana tekanan tersebut tidak dapat ditahan lagi oleh pinggiran lempeng. Pada saat itu lah gempa bumi akan terjadi.Gempa bumi biasanya terjadi di perbatasan lempengan lempengan tersebut.
Gempa bumi yang paling parah biasanya terjadi di perbatasan lempengan kompresional dan translasional. Gempa bumi fokus dalam kemungkinan besar terjadi karena materi lapisan litosfer yang terjepit kedalam mengalami transisi fase pada kedalaman lebih dari 600 km.
·         Gempa vulkanik disebabkan oleh letusan gunung berapi.Gempa vulkanik terjadi sebelum dan selama letusan gunung api terjadi. Sebab-sebab terjadinya gempa vulkanik, misalnya:
1.      Tumbukan antara magma dengan dinding-dinding gunung api.
2.      Tekanan gas pada letusan yang sangat kuat.
3.      Perpindahan mendadak dari magma di dalam dapur magma
·         Gempa runtuhan terjadi di daerah yang terdapat banyak rongga-rongga di bawah tanah, misalnya:
1.      Daerah kapur yang banyak sungai-sungai atau gua-gua di bawah tanah yang tak sanggup lagi menahan atap gua.
2.      Daerah pertambangan yang banyak terdapat rongga-rongga di bawah tanah untuk mengambil bahan tambang. Pada daerah ini sering terjadi tanah terban.
·         Gempa tektonik terjadi akibat pergeseran tiba-tiba di dalamkulit bumi dan halini sangat erat dengan pembentukan pegunungan. Gempa tektonik disebut pula gempa dislokasi.
·         Gempa juga dapat terjadi dari peledakan bahan peledak. Hal ini dapat membuat para ilmuwan memonitor tes rahasia senjata nuklir yang dilakukan pemerintah. Gempa bumi yang disebabkan oleh manusia seperti ini dinamakan juga seismisitas terinduksi.
Untuk mencatat getaran gempa, digunakan alat yang disebut seismograf. Dari seismograf, akan diperoleh catatan getaran gempa berupa grafik yang disebut seismogram. Sedang ilmu yang mempelajari gempa disebut seismologi. Sumber gempa yang berasal dari dalam bumi disebut hiposentrum{asal gempa}, sedangkan yang berasal dari daerah vertikal diatas hiposentrum disebut episentrum{pusat gempa dipermukaan bumi}

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar